8 Pekerjaan Kekinian Bergaji Besar

Ilustrasi

28/12/2017 733

LABRITA.ID - Perkembangan dunia teknologi terus meningkat dan menjadi candu bagi masyarakat saat ini. Berbagai aspek kehidupan terkena dampak dari adanya teknologi digital yang memudahkan kita semua. Tak hanya untuk berkomunikasi, teknologi digital menjadi ladang bisnis bagi penggunanya.

Indonesia sendiri terkena dampak dari perkembangan teknologi digital ini. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 132,7 juta orang. Padahal jumlah penduduk Indonesia sendiri berkisar angka 256,2 juta orang.

Karena perkembangannya tersebut, beberapa orang memanfaatkan fenomena ini menjadi bisnis dan profesi yang menguntungkan. Ada beberapa profesi yang belum ada pada beberapa tahun lalu. Profesi tersebut kini diburu perusahaan yang rela menggaji dengan nominal yang besar. Kira-kira pekerjaan apa saja sih yang dimaksud?

1. SEO Specialist
Kamu pasti sudah tidak asing dengan Google, Yahoo ataupun Bing kan? Yap! Itu merupakan mesin pencari yang kini sangat populer dan digunakan untuk mendapatkan informasi. Beberapa perusahaan menjadikan mesin pencari sebagai media pemasaran.

Agar pemasaran di mesin pencari tersebut sukses, maka diperlukan tenaga seorang Search Engine Optimization (SEO) Specialist. Profesi ini masih terbilang langka, sehingga gaji pekerjanya terbilang cukup besar.

2. Web Developer
Beberapa perusahaan tentu menggunakan website sebagai salah satu media pemasaran yang menjangkau masyarakat secara luas. Untuk itu, diperlukan peran seorang web developer untuk mengolah berbagai kode dan menjadikan website perusahaan terlihat menarik.

Gaji seseorang yang berprofesi sebagai web developer pun sangatlah tinggi. Beberapa perusahaan bahkan memberi gaji di atas dua digit bagi mereka yang berada di posisi ini!

3. Data Scientist
Di era digital ini, berbagai platform dan aplikasi lahir dan digunakan oleh banyak orang. Data pengguna aplikasi atau platform tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk strategi pemasaran perusahaan.

Pengolahan data tersebut dilakukan oleh data scientist. Mereka memiliki keahlian untuk membaca data-data tersebut agar berguna bagi pengembangan bisnis. Profesi ini begitu naik daun dengan bayaran yang tinggi lho!

4. Social Media Specialist
Semua orang saat ini begitu tergantung dengan adanya media sosial. Tak hanya untuk berinteraksi denagn orang lain, media sosial juga menjadi hiburan dan ladang bisnis sebagian orang. Kehadiran media sosial ini juga dipergunakan oleh berbagai perusahaan. Tak hanya perusahaan luar negeri saja, namun berbagai perusahaan di Indonesia juga memanfaatkan media ini.

Seorang social media specialist sangat dibutuhkan untuk membantu strategi pemasaran perusahaan. Tugasnya adalah mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi yang baik.

5. Digital Marketers
Berbagai media konvensional seperti brosur, poster, dan billboardmulai tersaingi dingan adanya teknologi digital. Strategi pemasaran kini lebih mudah dan murah dilakukan dengan mengandalkan teknologi digital ini.

Seorang pemasar digital harus menguasai SEO, strategi media sosial hingga memproduksi konten digital yang tepat. Tuntutan pekerjaan tersebut tentu sepadan jika profesi ini digaji sangat tinggi. Bahkan, ada yang mencapai angka Rp 20 juta!

6. Animator
Membuat sebuah film animasi tak semudah membuat film yang diperankan manusia biasanya. Perlu waktu lama, ketelitian dan niat yang tinggi agar animasi tersebut jadi. Internet pun mempengaruhi bidang animasi masa kini. Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) hadir dan menjadi ladang kerja para animator.

Konten dalam VR dan AR tersebut diproduksi oleh animator yang dipekerjakan oleh perusahaan. Tujuan perusahaan tersebut juga demi memasarkan produknya dengan bentuk yang lebih menarik. Maka dari itu, jasa animator banyak dicari oleh perusahaan demi menarik minat konsumsi masyarakat tersebut.
 

7. Food Stylist
Jasa food stylist dulunya hanya demi kebutuhan materi iklan sebuah produk makanan atau rubrik masakan dalam majalah. Namun, profesi ini kini semakin naik daun seiring beragamnya bidang pemasaran yang dimanfaatkan untuk bisnis. Misalnya saja pemasaran yang mengandalkan iklan digital.

Profesi food stylist ini tergolong langka di Indonesia. Maka dari itu, bayaran untuk seorang food stylist bisa sangat tinggi. Bahkan untuk sekali proyek, food stylist bisa digaji di atas Rp 50 juta lho!

8. Make Up Artist (MUA)
Profesi seorang MUA sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, profesi ini semakin diminati oleh banyak orang dan menjanjikan. Meski uang yang didapat tak menentu dan sesuai konsumen, namun bayarannya terbilang cukup besar.

Masyarakat zaman sekarang tak hanya mencari MUA untuk acara penting seperti pernikahan atau perayaan tertentu saja. Namun, beberapa kalangan sering menggunakan jasa MUA untuk penampilan sehari-harinya.

Beberapa pekerjaan di atas mungkin bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mendapatkan gaji tinggi. Tentunya harus sesuai dengan keahlianmu ya! (rd-01)


Sumber: idn times