Gubernur Sultra Siap Divaksin COVID-19, Tetapi Terkendala Usia

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (Foto: Labrita.Id)

07/01/2021 1494

LABRITA.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menyatakan kesiapannya menjadi penerima pertama vaksin COVID-19 di wilayahnya. Ia menyampaikan hal tersebut kepada awak media usai menghadiri rapat di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara pada Rabu (6/1/2021).

Baca Juga: Wali Kota Tegaskan Dirinya Akan Divaksin COVID-19 Pertama di Kendari

Menurutnya, sebagai pemimpin ia mesti memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus menghilangkan pandangan negatif terkait vaksinasi COVID-19.

"Kita harus komitmen dan memberikan contoh pada masyarakat. Tidak ada masalah," kata Gubernur Sulawesi Tenggara dua periode ini.

Baca Juga: Nakes Prioritas Pertama Mendapat Vaksin COVID-19 di Kendari

Namun ia mengaku, keinginannya untuk ikut menjadi penerima vaksin di tahap pertama ini terbentur batasan usia penerima vaksin Sinovac ini.

Baca Juga: Kota Kendari Dapat 5.500 Dosis Vaksin COVID-19

Ia mengatakan, berdasarkan aturan penerima vaksin untuk gelombang pertama ini tidak diperbolehkan yang berusia di atas 58 tahun.

"(Usia) 58 tahun ke atas belum diperkenankan. Bukan berarti apa-apa, tapi kan yang diberikan dulu yang kira-kira fisiknya kuat-kuat," katanya.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Tiba di Sultra, Dikawal Ketat Ratusan Aparat

Sebelumnya pada 5 Januari 2021, sebanyak 20.400 vaksin COVID-19 jenis Sinovac tiba di Sulawesi Tenggara. Sambil menunggu instruksi lanjutan, puluhan ribu vaksin ini disimpan di Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Tenggara. Nantinya vaksin ini akan disebar di 15 kabupaten dan 2 kota di Sulawesi Tenggara. (il-02)