Hari Air Sedunia di Kendari Diperingati Dengan Membersihkan Pantai

Relawan saat membersihkan pantai di Hari Air Sedunia.

14/04/2019 406

LABRITA.ID - Memperingati hari air sedunia, Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI ACT) Sulawesi Tenggara berkerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Selam Universitas Halu Oleo mengadakan aksi bersih sampah di Pantai Mayaria Kessilampe, Kota Kendari, Jumat (22/3/2019).

Selain UKM-Selam, kegiatan tersebut juga melibatkan beberapa komunitas dan lembaga kemahasiswaan, KAMMI UHO, Sekolah Alam Kendari, Komunitas Lindungi Hutan, Trash Hero Kendari, HMJ Ilmu Kelautan UHO, Sultra Peduli Nusantara, FORMMASTA RAYA, IKAPI, KSR-PMI UHO, dan GenBI Sultra.

Pihak MRI ACT Sultra mengungkapkan aksi bersih sampah tersebut merupakan inisiasi dari relawan MRI-ACT yang bergerak dalam bidang lingkungan.

Sementara itu, Ketua UKM Selam UHO, Mundzir mengatakan bahwa sampah yang ada di laut atau di pesisir pantai Mayaria tersebut tidak akan pernah habis.

"Walaupun kami dari relawan yang tergabung dalam kegiatan ini membersihkan berulang kali, sampah-sampah yang ada ini tidak akan habis. Karena posisi pantai ini berada di bibir teluk. Jadi sampah-sampah yang ada ini bukan hanya sampah masyarakat di sekitar sini, melainkan sampah-sampah kiriman dari tempat lain," katanya.

Mundzir berharap keberadaan mereka dapat memberikan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah bagi masyarakat setempat.

"Air kalau sudah tercemar, maka biota-biota yang hidup di dalamnya menjadi terganggu," pungkasnya.


Laporan: La Ato