Kolam Retensi Mulai Dibangun di Kendari, Antisipasi Banjir Sungai Wanggu

Pengerjaan Kolam Retensi di Sekitar Jembatan Boulevard Kendari. (Foto: Labrita.Id)

05/05/2020 1160

LABRITA.ID - Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu di Wilayah Baruga dan Kambu kerap menjadi langganan banjir setiap kali curah hujan tinggi. Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota Kendari menyiapkan lahan untuk dijadikan sebagai kolam retensi.

Baca Juga: Bahas Banjir, DPRD Sultra Duduk Bersama BWS Sulawesi IV

Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Kendari, Sahurianto mengungkap pihak pemkot telah membebaskan lahan seluas delapan hektar di sisi kanan dan kiri Jembatan Boulevard untuk dijadikan kolam retensi. 

Baca Juga: Pemkot Kendari Siapkan Lokasi Wisata di Kolam Retensi DAS Wanggu

"Kalau lahan yang siapkan Pemkot Kendari. Untuk pengerjaan menggunakan dana APBN 28 milyar rupiah info dari BWS Sulawesi IV. Semoga dengan kolam retensi ini bisa meminimalisir banjir di sekitar DAS Wanggu di Kota Kendari," kata Sahur kepada Labrita.Id via pesan WhatsApp, Sabtu (2/5/2020).

Baca Juga: Pajak Sumur Bor di Kendari, Kepala BP2RD: Untuk yang Dikomersilkan

Sahur mengungkap, pengerjaan kolam retensi di wilayah Jembatan Boulevard ini diagendakan selama tahun 2020. "Tahun ini di seputaran Jembatan Boulevard," katanya.

Selanjutnya, pihak Pemkot Kendari berencana membebaskan lagi lahan seluas 20 hektar masih di sekitar DAS Wanggu di wilayah Kendari.

Baca Juga: 2020, Pemkot Kendari Janji Benahi PDAM

"Pemkot masih mencari lahan yang luas dan strategis untuk kolam retensi di sekitaran Amohalo Baruga," terang Sahur.

Laporan: Ornalis