Lima Tim Papan Bawah Liga 1 Mengadu Nasib di Rantau

Ilustrasi (Foto: bola.com)

09/12/2018 396

LABRITA.ID - Liga 1 Gojek Traveloka 2018 tinggal menyisakan satu pertandingan. Tak hanya di puncak klasemen yang seru, tim di papan bawah juga tengah berjuang menghindari tiga posisi terakhir. Posisi yang secara otomatis membuat penghuninya angkat koper dari Liga 1 musim 2019.

Sampai pertandingan ke 33, terdapat lima tim yang rentan menyentuh posisi 16, 17, dan 18. Mereka yakni Sriwijaya, Mitra Kukar, Perseru Serui, PS Tira, dan PSMS Medan. Klub yang ditulis terakhir menghuni dasar klasemen dengan 37 poin. Empat klub lainnya memiliki poin sama 39, tetapi Sriwijaya dan Mitra Kukar berada di luar zona merah karena keunggulan produktivitas gol.

Di pertandingan ke 34, lima tim ini akan 'merantau' untuk menentukan masa depan mereka di Liga 1. Sriwijaya bertandang ke markas Arema Malang. Mitra Kukar melawat ke kandang Persija. Perseru Serui bertamu ke Persipura. PS Tira dijamu Borneo FC. Lalu PSMS Medan mendatangi PSM Makassar.

Dari sisi tensi pertandingan, Sriwijaya, Perseru Serui, dan PS Tira menghadapi tim yang tak 'bermasalah' lagi di papan klasemen akhir. Lain halnya dengan Mitra Kukar dan PSMS Medan mendapat lawan yang lebih 'bernafsu' untuk menang. Mereka bentrok dengan dua tim yang sedang kebut-kebutan di puncak klasemen untuk meraih titel juara Liga 1 2018.

Sriwijaya vs Arema
Sriwijaya yang akan bertandang ke Stadion Kanjuruhan, wajib mengamankan tiga angka agar tetap menjaga asa berada di Liga 1. Laskar Wong Kito juga harus sambil berharap Mitra Kukar dan Perseru Serui tidak memang atau kalau pun menang tak melebihi produktivitas gol Alberto Goncalves dkk.

Arema sendiri sudah merespon pertemuan ini dengan berjanji akan tetap bermain dengan tensi tinggi. "Kami tetap andalkan pressing tinggi. Kami akan coba menekan mereka di area pertahanan mereka sendiri," kata Pelatih Arema, Milan Petrovic dikutib dari bola.net.

Sriwijaya sebelumnya di pertemuan pertama dipermalukan di kandangnya dengan skor 3-0. Anak asuh Angel Alfredo Vera akan bertemu Arema yang sedang tak punya pemain keduabelas. Singo Edan disanksi hingga akhir musim tak boleh ditemani suporter baik kandang maupun tandang. Namun meski tanpa pendukung di kandang, Sriwijaya mesti tetap waspada. Arema selalu menang walau tanpa kehadiran Aremania. Mereka juga belum terkalahkan di kandang musim ini.

Persipura vs Perseru Serui
Perseru akan bertamu ke Stadion Mandala. Bagi Persipura kemenangan hanya memperbaiki capaian mereka di papan klasemen akhir. Sedangkan kemenangan bagi anak asuh Wanderley Junior belum jadi jaminan untuk tetap bertahan di Liga 1 musim depan jika empat tim lain juga meraih kemenangan.

Berdasarkan data head to head kandang dan tandang Perseru musim ini, catatan Cendrawasih Jingga paling buruk. Mereka hanya unggul head to head atas PS Tira. Sementara rapor Perseru kalah dengan Sriwijaya, Mitra Kukar, dan PSMS.

Meski begitu, pelatih Perseru mengaku hanya ingin fokus menang di derby Papua. "Saya tak pikir soal head to head. Kami harus menang melawan Persipura dan berharap tim lainnya kalah pada pertandingan terakhir nanti. Saya tetap optimistis karena tim-tim yang akan degradasi semua main di luar kandang," kata Wanderley Junior seperti dikutip bola.com.

Borneo FC vs PS Tira
Dijamu Borneo di Stadion Segiri, PS Tira mesti menang agar menjaga asa tetap di Liga 1 2019 sambil berharap Sriwijaya, Mitra Kukar, dan Perseru tak menang. Jika PS Tira meraih satu poin, mereka harus angkat kaki jika dua di antara Mitra Kukar, Perseru, dan Sriwijaya tak mengalami kekalahan. Sedangkan kemenangan bagi Borneo dapat membuat mereka mengunci posisi 5 klasemen.

Persija vs Mitra Kukar
Tensi tinggi tentu akan tersaji di laga ini. Persija menang untuk juara, sedangkan Mitra Kukar menang agar tetap bertahan di Liga 1. Pertemuan sebelumnya, Mitra Kukar dipermalukan di Aji Imbut Tenggarong oleh Persija.

Di bawah asuhan Rahmad Darmawan, Naga Mekes mengaku telah menyiapkan yang terbaik untuk menghadapi Persija. Apalagi Persija akan bermain sebagai tuan rumah yang tentu mendapat dukungan banyak suporter.

"Secara umum, semua pemain siap dan saya selalu mengingatkan agar tidak memikirkan hasil akhir. Harus melalui satu proses yang diawali dengan semangat tinggi dan bermain dalam tren sesuai yang sudah disiapkan. Pemain harus fokus di laga penting," kata Rahmad Darmawan seperti dikutip bola.net.

PSM vs PSMS Medan
Laga ini juga pastinya akan berlangsung menarik. PSM butuh kemenangan untuk menjaga peluang juara sambil berharap Persija tak menang. Sementara PSMS juga butuh kemenangan untuk bertahan di Liga 1 sambil berharap empat klub saingannya tak ada yang menang. 

Dengan sementara tertinggal 2 poin dari empat tim lain, peluang PSMS memang terbilang berat. Namun, tim berjuluk Ayam Kinantan ini tentu tak ingin menyerah begitu saja.

"Saya tak mau bicara degradasi. Kita masih ada kesempatan. Kita masih fight hingga menit-menit terakhir," kata Pelatih PSMS, Peter Butler dikutip dari bolasport.com.**