Mahasiswa UHO Terpilih Sebagai Delegasi PPAN Indonesia-Malaysia

Nanang Adrianto

23/04/2019 1055

LABRITA.ID - Nanang Adrianto, Mahasiswa Universitas Halu Oleo Jurusan Pendidikan Fisika terpilih sebagai salah satu delegasi Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) 2019 mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepada Labrita.Id, ia mengaku tak menyangka bisa terpilih dari puluhan peserta yang mengikuti seleksi. Meski begitu, ia merasa senang dan bersyukur bisa menjadi salah satu yang terpilih.

"Mengenai jadwal keberangkatan antara Juli atau Agustus, kami hanya menunggu instruksi dari pihak kementrian," terang Nanang kepada Labrita.Id, Minggu (21/4/2019).

Ia mengungkapkan, sebelum ke Malaysia nanti para peserta akan mengikuti Pro Departure Training (PDT) selama masing-masing tiga hari di Kendari dan Jakarta.

"Harapannya dengan mengikuti program ini saya bisa memperkenalkan budaya Indonesia khususnya Sultra di dunia International serta dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia," katanya.

Nanang sendiri lolos seleksi setelah melewati serangkaian tes dan bersaing dengan 66 peserta lainnya.

Sultra mendapat 3 kuota PPAN, yaitu Malaysia (putra), Australia (putri), dan Jepang (putra).

PPAN merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan generasi Indonesia dalam memperluas pengetahuan dan wawasan sekaligus sebagai persiapan dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), di tingkat Provinsi. Pengelolaan administrasi ditangani oleh Dispora di masing-masing provinsi yang bekerja sama dengan mitra utama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) sebagai organisasi perhimpunan alumni PPAN.

Laporan : Sitti Herni