Maju Pilkada 2020, Kepala Daerah Wajib Cuti

Ilustrasi. (Foto: Labrita.Id)

31/08/2020 1206

LABRITA.ID - Tujuh daerah di Sulawesi Tenggara, yakni Kolaka Timur, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Muna, dan Wakatobi bakal menggelar Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. 

Ketujuh kabupaten tersebut mengisyaratkan munculnya calon dari kepala daerah baik bupati maupun wakil bupati yang sedang menjabat.

Baca Juga: Jumlah Syarat Dukungan Calon Perseorangan Tujuh Daerah Pilkada di Sultra

Terkait hal tersebut, KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan bila nantinya terdapat kandidat petahana, baik bupati atau wakil bupati aktif yang ikut mendaftar lalu ditetapkan menjadi calon, maka mereka wajib menjalani cuti selama masa kampanye berlangsung.
 
“Kami tidak mau berspekulasi soal siapa saja yang bakal cuti. Yang jelas, sesuai regulasi, jika kandidat yang berstatus petahana, baik kepala daerah atau wakil kepala daerah, setelah resmi ditetapkan jadi calon memang wajib cuti,” terang Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib dalam rilisnya, Kamis (27/8/2020) malam.
 
Nantinya setiap kandidat yang berstatus petahana bakal menjalani cuti di luar tanggungan negara selama 71 hari.

Baca Juga: Besaran Dana KPU Tujuh Daerah Pilkada 2020 di Sultra

Waktu tersebut terhitung sejak masa kampanye pada 26 September hingga 5 Desember 2020 atau sehari sebelum masa tenang jelang coblosan.

Kepala daerah yang mengisyaratkan akan tampil pada Pilkada 2020 di Sultra yakni, Tony Herbiansyah dan Andi Meyra Nur yang menjadi bupati dan wakil bupati di Kolaka Timur. 

Ruksamin dan Raup yang menjadi bupati dan wakil bupati di Konawe Utara.

Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi yang menjadi bupati dan wakil bupati di Konawe Kepulauan.

Baca Juga: Ikut Pilkada 2020, Kepala Daerah Digantikan Plt atau Pjs

Kemudian Surunuddin Dangga yang menjadi bupati di Konawe Selatan. Berikutnya Abu Hasan yang menjadi bupati di Buton Utara.

Lalu Arhawi dan Ilmiati Daud yang menjadi bupati dan wakil bupati di Wakatobi. 

Terakhir ada LM Rusman Emba yang menjadi bupati di Muna. (il-02)