Tantangan Klopp dan Guardiola di Sisa EPL 2019

Klopp dan Guardioal. (Foto: The Telegraph)

27/01/2019 576

LABRITA.ID - Liga Premier Inggris mulai memasuki tahap krusial di pekan ke 24. Setiap pertandingan menentukan bagi setiap klub. Tottenham Hotspur, Chelsea, Arsenal, dan Manchester United memperebutkan dua jatah ke Liga Champion Eropa. Ini artinya ada dua klub yang terlempar ke Liga Eropa. Spurs yang berada di peringkat ketiga dengan 51 poin perlu waspada dengan kebangkitan MU dengan 44 poin di peringkat enam.

Di klasemen bawah Huddersfield Town (11 poin) dan Fulham (14 poin) perlu kerja keras mengejar klub di atasnya. Cardiff City (19 poin), Newcastle (21 poin), Burnley (22 poin), Southampton (22 poin), dan Crystal Palace (22 poin) perlu hati-hati agar tetap bertahan di EPL.

Pertarungan merebut posisi puncak sepertinya akan terus ketat hingga akhir. Ini terlihat dari Liverpool dan Manchester City yang terus menjaga konsistensi permainan mereka. Selisih 4 poin cukup menegangkan bagi suporter kedua klub. Komentar dan harapan dari klub lain pun sudah bermunculan.

Baca: Gaya Klopp Menyentuh Liverpool


Dari 15 pertandingan tersisa ada 2 pertandingan yang paling menentukan bagi kedua klub ini. Klopp dan Guardiola akan berpikir keras meracik tim untuk meraih kemenangan. Kedua klub ini masih belum dihadapi oleh Liverpool dan City.

1. Manchester United
Klub ini bangkit dari keterpurukan setelah Mourinho digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer. Tujuh pertandingan dimenangkan berturut- turut. Termasuk mengalahkan Tottenham Hotspur di London.

Pelatih baru memiliki strategi dan tak-tik yang berbeda dan perlu dipahami pelatih lawan. Pelatih top meracik tim disesuaikan dengan kemampuan pemain yang dimilikinya. Berbeda tiki-taka Pep Guardiola di Barcelona, Bayer Muenchen, dan Manchester City. Semua pelatih lawan MU tentu masih terus mengamati permainan MU di bawah arahan Solskjaer.

Baca: Menanti Kejutan Liverpool

2. Chelsea
The Blues merupakan klub top yang masih mencari konsistensi permainan. Pada putaran pertama City dikalahkan 2-0 di Stamford Bridge. Liverpool ditahan 1-1 di Anfield.

Chelsea berhasil mendatangkan Gonzalo Higuain untuk mengatasi tumpulnya lini serangnya. Beberapa penyesuaian dilakukan Maurizio Sarri agar Huguain aktif mencetak gol. Ini menjadi tantangan bagi Klopp dan Pep dalam menghadapi Chelsea.

Bila Liverpool kalah atau seri di salah satu pertandingan maka selisih hanyalah 1 atau 2 poin. Maka kompetisi akan menjadi lebih seru. Namun bila Manchester City kalah di salah satu pertandingan maka peluang Liverpool menjuarai EPL sangatlah besar. Penggemar EPL akan dibuat tegang hingga akhir. Selamat menonton. |zal/*