Wali Kota Kendari Rencanakan Sulap Sampah Jadi Listrik

Wali Kota Kendari di IIFWM 2019. (Foto: Humas Pemkot/Labrita.Id)

08/11/2019 645

LABRITA.ID - Kota Kendari sedang melakukan pembenahan pengelolaan sampah yang menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. 

Salah satu langkah yang direncanakan Wali Kota Kendari, Sulkarnain, dalam pengelolaan sampah yakni dengan menyulapnya menjadi listrik.

Rencana itu dikemukakan di acara International Investment Forum on Waste Management (IIFWM) 2019 yang membahas pengelolaan dan pemanfaat limbah sampah di perkotaan.

Sulkarnain mengungkapkan, pihaknya tengah mendapatkan tawaran dari investor yang telah melakukan presentasi mengenai potensi listrik dari pengelolaan sampah di Kota Kendari.

Ia mengatakan, dengan rata-rata 400 ton sampah setiap hari yang dihasilkan Kota Kendari dapat disulap menjadi 10 MW listrik. 

"Kami optimis program ini bisa terwujud di Kota Kendari karena menurut investor yang sudah presentasi ke kami sampah yang dihasilkan bisa menjadi 10 megawatt listrik," kata Sulkarnain.

Menurutnya, hal ini juga sudah mendapat lampu hijau dari PLN. Diakuinya saat ini yang dibutuhkan adalah pendampingan bagaimana mengelola program yang nantinya dikembangkan dengan metode Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini.

Acara IIFWM ini digelar dan dihadiri para wali kota se-Indonesia serta sejumlah investor dalam dan luar negeri di Makassar.

Laporan: Ornalis